5+ Kegunaan Teh Hijau Dan Manfaat Untuk Tubuh

Kegunaan Teh Hijau Dan Manfaat Untuk Tubuh

Kegunaan Teh Hijau Dan Manfaat Untuk Tubuh

Inimediaku, Selama ini konsumsi teh hijau diketahui hanya bisa membantu proses pembakaran kalori, sehingga baik bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Namun sebenarnya ada beragam manfaat lain dari minuman ini

1. Melawan alergi

Teh hijau merupakan salah satu minuman anti-alergi. Alasannya adalah karena minuman ini mengandung senyawa unik yakni epigallocatechin gallate (EGCG).

Sebuah studi 2007 yang diterbitkan dalam jurnal Cytotechnology menemukan kandungan polifenol pada teh dapat mengurangi efek alergi serbuk sari. Kandungan EGCG juga disebut-sebut dapat memblokir reseptor IgE, yakni reseptor kunci yang terlibat dalam respons alergi. Quercetin, sebuah flavonol yang dimiliki secara alami dalam teh, juga diyakini dapat meringankan respons histamin.

2. Menyehatkan indra penglihatan

Untuk menyehatkan mata, asupan yang selama ini disarankan adalah wortel. Namun sebuah studi menyebutkan bahwa antioksidan yang ditemukan dalam teh hijau juga dapat “menembus” jaringan mata dan menghasilkan aktivitas antioksidan. Katekin, jenis antioksidan dalam teh hijau, mampu diserap ke dalam jaringan mata.

Sebuah studi tahun 2001 yang diterbitkan dalam jurnal Experimental Eye Research menemukan teh hijau dapat menurunkan risiko kebutaan akibat katarak yang diinduksi. Para peneliti pun menyimpulkan bahwa konsumsi teh hijau dapat melindungi kesehatan sistem penglihatan.

3. Menurunkan kadar kolesterol

Konsumsi makanan berminyak secara berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol, yang kemudian secara tak langsung juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda mengganti asupan tersebut dengan meminum teh hijau. Antioksidan EGCG di dalam teh hijau diyakini dapat menghambat penyerapan kolesterol dari usus besar.

4. Meningkatkan kesehatan gigi dan gusi

Minum teh seringkali disebut-sebut dapat memberikan efek buruk terhadap warna alami gigi. Namun faktanya konsumsi teh hijau sebenarnya dapat bermanfaat bagi kesehatan mulut lho.

Dalam Journal of Periodontology menemukan bahwa asupan teh hijau berbanding terbalik dengan penyakit periodontal. Teratur minum teh hijau mengurangi gejala penyakit periodontal, yang kemungkinan karena disebabkan adanya kandungan katekin. Katekin ini dapat mengurangi peradangan dalam tubuh, sehingga membantu respons inflamasi tubuh terhadap bakteri periodontal.

5. Cegah risiko kanker mulut

Teh hijau telah baru-baru ini ditargetkan untuk mencegah risiko kanker pankreas dan kanker mulut. Antioksidan EGCG diyakini dapat membantu membunuh sel-sel kanker melalui penghancuran mitokondria sel. Konsumsi teh hijau bahkan disebut-sebut bisa menjadi alternatif mencegah kanker mulut, seperti dipublikasikan dalam jurnal Molecular Nutrition & Food Research.

6. Perlindungan UV

Zat katekin dalam teh hijau dilaporkan dapat membuat kulit lebih tahan terhadap efek sinar UV dan penuaan kulit dini. Ini berarti risiko kulit menjadi kemerahan setelah terpapar sinar UV juga akan berkurang.

Sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition menemukan bahwa dua cangkir teh hijau cukup untuk mengurangi efek radiasi UV pada kulit.

sekian penjelasan dari kegunaan teh hijau dan manfaat untuk tubuh semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan , sekian terimakasih.

Tinggalkan komentar